Jumat, 10 Mei 2013

(Bagian 3) Hari atau Dino Dalam Bahasa Jawa "Wadine Ono"

PASARAN
Pasaran berasal dari kata dasar “pasar”, mendapat akhiran –an. Pasaran adalah sirklus mingguan yang berjumlah 5 hari. Yaitu Legi, Paing, Pon, Wage dan Kliwon. Disebut pasaran karena sistem ini lazim dipakai untuk membagi hari buka pasar (tempat jual beli) yang berada di 5 titik tempat.
Pada jaman dahulu salah satu sistem pemerataan perekonomian rakyat diatur dengan pembagian tempat jual beli (pasar). Yang berjumlah 5 titik tempat mengikuti arah mata angin (Timur, Selatan, Barat, Utara dan Tengah). Pasar Legi berada di Timur, Pasar Pahing berada di Selatan, Pasar Pon di Barat, Pasar Wage di Utara dan Pasar Kliwon berada di pusat / tengah kota. Pasar ini buka secara bergantian, mengikuti sirklus pasaran (pancawara) tersebut.
Sedangkan dalam masyarakat Melayu Islam, tempat jual beli (pasar) disebut pekan. Dan hari pasar memakai sirklus mingguan yang berjumlah 7 hari (Senin, Selasa dst). Misalnya ada Pasar Minggu, Pasar Senen dan seterusnya. Oleh sebab itu seminggu (7 hari) dalam  bahasa Melayu disebut juga sepekan (pekan=pasar). Dengan demikian tidaklah aneh bila penamaan hari dan pasaran seperti Senin Kliwon, Selasa Legi dan seterusnya itu hanya dikenal di Jawa saja.
Menurut kepercayaan Jawa, hitungan Pasaran yang berjumlah lima itu sejalan dengan ajaran “Sedulur papat, kalima pancer”. Empat saudara, kelimanya pusat. Ajaran ini mengandung pengertian bahwa setiap diri manusia mempunyai empat saudara. Disebut saudara sebab keberadaannya ada sejak manusia masih dalam kandungan ibu. Pancer adalah diri kita (ke-aku-an atau Ego). Juga berkaitan dengan 4 unsur anasir pembentuk raga atau jasad yaitu tanah, air, api dan udara.
Hubungan pasaran, empat unsur dan Sedulur 4 itu adalah sebagai berikut :
Pasaran PON bertempat di Timur, anasir (elemen) Udara, memancarkan sinar (aura) putih.
Pasaran WAGE bertempat di Selatan, anasir BUMI, memancarkan sinar HITAM
Pasaran LEGI bertempat di Barat, anasir API, memancarkan sinar MERAH
Pasaran PAHING bertempat di Utara, anasir AIR, memancarkan sinar HIJAU/BIRU.
Pasaran Kliwon tempatnya di pusat atau di tengah, anasir Eter, memancarkan sinar KUNING.



HUB PASARAN, MATA ANGIN, ELEMEN, WARNA

PAHING
UTARA
AIR
HIJAU/BIRU

LEGI
BARAT
API
MERAH
KLIWON
PANCER
TENGAH
KUNING
PON
TIMUR
UDARA
PUTIH

WAGE
SELATAN

BUMI
HITAM


Posting Komentar