Lampahing asmaragama, kalamunpasta purusa dereng kiyat lan santosa, ing
driya ajwa kasesa, nandukaken pancakara, kang mangkono wau mbok manawa,
blenjani neng wiwara, dayane datan widada, temah dela kang wardaya, terkadang
amanggih ewa, lan wanita lawannya, marga tan kapadang karsa, tiwas wadi wus
kabuka wekasan tan mantra-mantra, tumimbang serenging driya, wangune salah
mangkana, yeka kena ing rubeda, aran katitih asmara, awit dereng abipraja, duk
wau kagyating pasta, iku uga mbok manawa lagya kaserenging daya, mung
sengseming driya harda, sinerus lumaksana, kasengka mangsa ing yuda, marma
dayane sapala, tan lama nulya marlupa, kacarita inggih punika, awit rahsa tuwin
jiwa, dereng winengku samya dening prabanira Hyang Pramana. (pupuh 6).
Penerapan
asmaragama adalah apabila senjata yang dimiliki laki-laki belum siap tempur
maka janganlah terburu-buru melakukan pertandingan, karena pertandingan tentu
tidak akan berlangsung seru. Sang laki-laki tentu tidak akan mampu bertahan
lama, dan si wanita sebagai lawan bertanding pasti tidak akan merasa puas.
Janganlah menantang bertanding hanya karena dorongan nafsu, sebab jika
laki-laki kalah hanya dalam beberapa jurus saja akan sangat memalukan, ia akan
dianggap sebagai laki-laki lemah, loyo, dan tidak ada gunanya.
Dalam
konteks pengajaran seks dalam Serat Nitimani, bagian penerapan asmaragama
adalah cara bagaimana melakukan hubungan seksual yang baik dan benar. Cara
adalah teknik yang dipakai dalam rangka memenuhi proses perubahan dengan
mempunyai tujuan yang lebih khusus.
Dene ingkang binasakaken kasor prabawa wau mbok menawi patrapipun
makaten, empaning cipta boten kapandan dening mapaning praman, ing wekasan
prasa tuwin rahsa katamaning raos welas utawi engah, inggih rubeda patrap
makaten wau ingkang binasakaken tumanding kang sanes bangsa. (pupuh 6)
Yang
dimaksud kalah wibawa adalah perasaan yang dikalahkan atau diharapkan semula
ternyata tidak sesuai dengan kenyataan. Akhirnya bukanlah kenikmatan yang
dirasakan melainkan rasa lelah bahkan mungkin terasa sakit. Kondisi seperti
itulah yang disebut tumanding kang sanes bangsa.
Hubungan
seksual lazimnya melibatkan dua pihak yaitu laki-laki dan wanita. Dalam
melakukan persetubuhan, maka keduanya haruslah sama-sama sedang berada dalam
kondisi yang baik. Jika salah satunya mengalami sesuatu yang buruk maka
imbasnya akan terkena pada kedua pihak.
Pramila pamilihing wanita kedah ngatos-atos, karana bilih kaleresan
angsal wanodya ingkang prasaning rahsa, ingkang nunggil bangsa, punika lajeng
nggendam langgengin asmara, saniskaraning rubeda, temah mahanani susila
pamoring lulut, awit binuka langgening pramana, dene ingkang binasakaken susila
pamoring lulut wau, woring sekaliyan binuka tanpa rubeda, amung pinanggih
seneng pareng. (pupuh 6)
Oleh
karena itu hendaklah berhati-hati dalam memilih pasangan hidup, karena jika
pilihan anda tepat, anda akan benar-benar terikat dan bahagia lantaran anda
akan merasakan kenikmatan secara paripurna, tanpa satupun rintangan yang
menghalangi kecuali kepuasan yang terus meliputi.
Bagian ini
menjelaskan mengenai sikap dalam konteks pengajaran seksual, yaitu bagaimana
bertindak dalam hal memilih pasangan hidup agar tidak salah sehingga dapat
tercapai kenikmatan dan jauh dari rintangan.
Kalamun pasta purusa wus kiyeng kiyat santosa, kwehning daya wus samekta,
iku nulya tindakena umangsah ing ranonggana, sayekti datan kuciwa tumempuhing
banda yuda. Nanging ta dipunprayitna, ing tindak ajwa sembrana, gyaning bakal
nuju prasa, mring wanita mengsahira, supaya leganing driya, wruhanta
dipunwaspada. (pupuh 6)
Ketika
senjata pusaka laki-laki telah siap tempur, segenap kekuatan siaga, maka
segeralah memulai pertandingan. Niscaya pertempuran tidak akan mengecewakan.
Namun tetaplah waspada, jangan ceroboh. Ketika menghujamkan serangan terhadap
senjata lawan, hendaklah mengutamakan kewaspadaan.
Ini adalah
bagian cara dalam hal pengajaran seks dalam Budaya Jawa.
Pameting rahsa mangkana, srana ngagema wisaya, pratingkah ukeling pasta,
kacarita solahira, duk murwani lumaksana, karya pepucuking yuda, kwehning daya
saniskara, ajwa sineru sarasa, ing tindak kesah saranta, pangangkah amung
muriha, keri prasaning wanita. (pupuh 6)
Dalam
keadaan demikian, kendalikanlah tata gerak senjatamu, janganlah tergesa-gesa
untuk lekas selesai, dengan tujuan agar wanita yang menjadi lawanmu merasa
terlayani dan hasrat bertempur akan semakin memuncak.
Bagian ini
masih mengajarkan cara mengenai bagaimana tindakan yang benar dalam berhubungan
seksual.
E kulup sira sang pasta, poma ngger dipunprayitna, panarik sendaling
gada. (pupuh 6)
Hendaklah
berhati-hati dalam melepaskan senjata gada.
Senjata
gada yang dimaksud dalam konteks ini adalah alat kelamin laki-laki yang akan
dilepaskan atau dimasukkan ke dalam alat kelamin wanita.
Kang iku den engetana, tembe sakaro tan kena, yen maning mangsah
angayuda, kalamun durung nirmala, kudu temen tinumna, waluya sakalihira,
mangkana ujuring salaka……. (pupuh 6)
Janganlah
melakukan pertandingan sebelum kondisi benar-benar pulih, demi menghindarkan
diri dari hal-hal yang tidak diinginkan.
Dalam
konteks pengajaran seksual, maka bagaian ini mengajarkan tentang bagaimana
seharusnya tindakan laki-laki ketika dirinya sedang dalam kedaan yang tidak
maksimal.
Wondene, menggah patrap salebetipun sanggama wau, priya kedah mawas ulat
liringing wanita punapa dene saliranipun piyambak, ten sampun kapanduking
panggalih : lega, carem, tuwin marem sesaminipun upami tiyang nenedha,
karaos sampun tuwuk. (pupuh 6)
Padahal,
selama proses pertempuran laki-laki wajib memperhatikan lawan main untuk
mencapai kepuasan bersama. Ibarat makan, sama-sama merasakan kenyang.
Bagian ini
juga merupakan ajaran mengenai bagaimana tindakan yang tepat saat sedang
melakukan hubungan seksual.
Kedah manggen wonten gajeging gela, sampun kadamel lega,
prasaning rahsa kawudhara, ing riku wujuding wisaya. (pupuh 6)
Hendaklah
membangun rasa penasaran, jangan merasa puas, bangkitkan kembali dorongan
seksual anda, karena disitulah ruang kenikmatan.
Bagian ini
mengajarkan bagaimana seharusnya bersikap dalam berhubungan seksual ketika akan
memulai pertandingan lagi.
….awit aji asmara punika kangge sarana lelantaran anggenipun badhe
nyumerepi “dhateng asal wijinira” manungsa sejati, karana ingkang kasebut
tembung paribasan makaten : sinten manungsa ingkang boten uninga dhateng asal
wijinira, sayektine inggih datan uninga dhateng sejati paraning sedya,
kacariyos ing tembe inggih badhe kirang sampurna ing kamuksanira. (pupuh 6)
Ilmu
asmara merupakan sarana untuk mengetahui asal muasal manusia, seperti
peribahasa barang siapa yang tidak mengetahui asal usulnya sesungguhnya juga
tidak akan mengetahui kemana tujuan hidupnya, niscaya kelak hidupnya tidak akan
sempurna.
Hubungan
seksual merupakan masalah yang sangat penting dalam Budaya Jawa karena hasilnya
adalah sebuah kehidupan baru. Maka dari itu diajarkan agar sebelum melakukan
hubungan seksual haruslah disiapkan segala-galanya agar
hasilnya juga sempurna dan mengerti asal kemana ia akan berakhir.
Yen pinareng dening Pangeran ingkang Maha Suci, kinen dados lantaran
nitehaken manungsa. (pupuh 6)
Apabila
Tuhan memperkenankan, pertandingan tersebut akan menjadi sarana dan wahana
untuk menciptakan manusia.
Hubungan
seksual yang benar akan direstui oleh Tuhan dan diberikan hasil yang benar
pula.
Kasebut wonten wewijangan ngelmi, ingkang kaping nem dipunwastani
kayektening kahanan Kang Maha Suci, inggih menika pambukaning tata malige ing
dalem Betal Mukadas awit dene pamejangipun ambuka kodrat predating Pangeran
kang Maha Suci Sejati, anggenipun kersa jumenengaken maligening Dad, minangka
Betullah katata wonten kontholing manungsa…. (pupuh 8)
Disebutkan
dalam ajaran ilmu keenam dinamakan keberadaan Yang Maha Suci yaitu pembukaan
tata malige dalam Betal Mukadas, dikarenakan Tuhan telah berkehendak
menempatkan mahligai Zat sebagai Baitullah yang berada di buah Zakar manusia.
Dalam hal
hubungan seksual, maka yang paling penting adalah peranan alat kelamin sebagai
media utama. Budaya Jawa mengajarkan mengenai konsep alat kelamin pria sebagai
sesuatu yang penting karena merupakan bagian dari tempat persemayaman juga.
Sejatine ingsun nata malige ana ing sajroning Betal Mukadas iku omah
enggoning pasucian ingsun, jumeneng ana kontholing Adam, kang ana ing
sajroning konthol iku pringsilan, kang ana ing sajroning pringsilan iku nutpah,
iya iku mani, sajroning mani iku madi, sajroning madi iku manikem, sajroning
manikem iku rahsa, sajroning rahsa iku ingsun, Dad kang anglimputi ing kahanan
jati jumeneng ana ing sajroning nukat gaib….. (pupuh 8)
Sebenarnya
Aku meletakkan tahtaKU dalam Baitul Mukadas. Itu adalah tempat pesucianKu,
yaitu berada di zakar Adam. Yang berada di zakar itu adalah buah pelir, yang
berada dalam buah pelir adalah nutfah, yang berada dalam nutfah adalah mani. Di
dalam mani ada madi. Di dalam madi ada manikem. Di dalam manikem ada rahsa. Di
dalam rahsa ada Aku, tiada Tuhan selain Aku, zat yang meliputi segalanya
bertahta dalam alam gaib.
Dalam
ajaran mengenai konsep seks dalam Budaya Jawa, maka diterangkan pula apa
sebenarnya alat kelamin itu sebagai sarana utama dalam hal seks. Dalam Budaya
Jawa diajarkan bahwa tubuh manusia adalah manifestasi dari Tuhan itu
sendiri dan alat kelamin milik pria masing-masing bagiannya adalah perwujudan
dari unsur ke-Tuhanan sehingga tidak boleh digunakan sembarangan karena suci
sifatnya.
Yen priya lan wanita anggenipun sami sahresmi pamudharin prasa
sesarengan, woring kama mangka pinareng dening Pangeran Kang Maha Mulya badhe
nitahaken manungsa, punika woring kuma wau lajeng kendel dumunung wonten guwa
garbaning wanita, binasakaken garbini inggih punika meteng. (pupuh 8)
Bila
seorang pria dan wanita bersetubuh, pertemuan kama diperkenankan oleh Tuhan Yang
Maha Esa, akan ditaksirkan manjadi manusia. Bersatunya kama (seperma dan sel
telur) tersebut kemudian akan berdiam diri di rahim wanita yang kemudian
disebut hamil.
Tujuan
dari hubungan seksual salah satunya yang paling penting adalah untuk
menghasilkan keturunan. Benih manusia yang hadir di rahim wanita itu bisa ada
hanya karena restu dari Tuhan.
….saleresipun tiyang estri ing asmara boten malih, amung kedah anut ing
ombak kasagedaning priya…. (pupuh 19)
Sesungguhnya
dalam bersenggama seorang wanita harus mengikuti kemauan laki-laki.
Hal-hal
tersebut adalah ajaran tentang tindakana yang tepat bagi wanita dalam hal
berhubungan seksual.
Wonten malih gelaring wanita yen nuju sinanggama ing priya, lajeng
ambiyantu ing solah obahing raga raga dadosaken keras maju sunduring pasta,
pratingkah makaten wau sedyanipun supados simbuhi sakecaning prasa…. (pupuh 19)
Adapun
tingkah laku wanita ketika bersenggama sebagiknya mengimbangi gerak pria yang
bertujuan untuk menumbuhkan rasa nikmat.
Dalam
berhubungan seksual diajarkan mengenai bagaimana sikap seorang wanita agar
kegiatan hubungan seksual bisa mencapai tujuan yang diinginkan yaitu dapat
mengimbangi gerakan laki-laki.
Kisanak, bebakunipun ingkang prelu kedah waskita, sageda nuju karsaning
priya, ing solah kedah anut ing kersaning kakung. (pupuh 19)
Saudara,
yang [erlu diperhatikan adalah kewaspadaan. Hendaknya wanita tanggap terhadap
kehendak laki-laki.
Selain
menyeimbangkan gerak, wanita juga harus tanggap dan mengerti apa yang menjadi
kehendak laki-laki.
Awit wujudipun ingkang kawastanan labet wau inggih guna, tegesipun
kapinteran, ingkang dipunwastani guna punika inggih sarana, tegesipun piranti,
ingkang binasakaken sarana punika inggih : mantra, tegesipun muna, ingkang
dipunwastani mantra punika inggih dunga tegesipun muni, ingkang binasakaken
donga menika inggih puja, tegesipun panggunggung, inggih punika sadaya wau
dumunung pangrengganing basa, utawi patrap ingkang dados pepunton atining tata
krami. (pupuh 20)
Dengan
upaya seperti itu sesungguhnya merupakan bentuk lain dari ibadah. Sebab bentuk
ketekunan dan kesungguhan pada dasarnya berupa guna artinya kepandaian atau
ketrampilan. Guna juga berarti sarana, yaitu peralatan. Sarana dapat diartikan sebagai
mantra, maksudnya niat yang diverbalkan, sedangkan doa juga berarti harapan
atau cita. Kesemuanya seimbang antara prilaku dengan nurani.
Budaya
Jawa mengajarkan bahwa dalam berhubungan seksual haruslah diniatkan dalam hati
bahwa tujuannya adalah baik karena menghasilkan manusia baru. Maka dari itu,
hubungan seksual haruslah dilaksanakan dengan niat yang sungguh-sungguh karena
hal tersebut sama juga dengan beribadah.
Wondene alas hardaning karsa, dumugining cipta maya kados ingkang kasebut
ing inggil wau, bok manawi boten amung mahanani dhateng wewatekaning bebayi,
pramila para sujana lan sarjana ingkang waskita ing kadadosaning krida utawi
pangripta wau sok nuwuhaken, lajeng kangge tetenger nama dhateng atamajanipun.
(pupuh 22)
Maka dari
itu segala keinginan, beradanya cipta maya seperti yang disebut diatas tadi,
mungkin tidak hanya memberi watak bayi, makanya para manusia dan manusia yang
bijaksana di kejadian yang terjadi atau terciptanya tadi, kadang memberikan
tanda, lantas dijadikan nama terhadap anak-anaknya.
Dalam
hubungan seksual juga diajarkan untuk berada dalam posisi hati yang serba
tenang, segalanya dalam kondisi baik agar hasil keturunan yang dihasilkan juga
baik. Tidak hanya itu, akan tetapi hati pria dan wanita yang melakukan hubungan
seksual juga harus bersih dan bijaksana.
Yen ta saupami ngrembaga bab prakawis wiji, leres sampun dumunung wonten
ing priya, pramila sujanma wanodya punika bebasanipun kasebut papan utawi
wadah…. (pupuh 22)
Jika
membahas perkara benih, benar, sudah berada di para laki-laki, maka dari itu,
perempuan diibaratkan papan atau wadah.
Perempuan
adalah wadah tempat laki-laki menempatkan maninya agar dijaga dan dirawat dalam
suatu tempat yaitu rahim wanita.
….karsanira Pangeran Kang Maha Mulya karsa nitisaken wijining manungsa….
(pupuh 22)
Kehendak
Tuhan Yang Maha Mulia berkehendak menitiskan benih manusia.
Dalam
masalah hubungan seksual, haruslah diingat bahwa munculya janin adalah hasil
karya Tuhan, sehingga harus dapat dipertanggung jawabkan.
Kacariyos bilih kasupen inggih kenging boten dados punapa, sabab
sajatosipun ingkang prelu dados awisan amung hawa napsu bilih saged ambirat ing
hawa napsu, kacariyos ing adat asring kadunungan awas lan emut, manawi tansah
anggenipun awas kaliyan emut, bok manawi estu amanggih kamulyan ing sangkan
paran….. (pupuh 23)
Ceritanya,
seandainya lupa sesungguhnya tidak masalah, karena yang sebenarnya perlu
mendapat larangan hanya hawa nafsu karena akan bisa menjerumuskan. Ceritanya,
dalam adat sering terdapat awas ingat, jikalau teramat sangat rasa awas dan
ingat itu mungkin benar akan bertemu dengan kemulyaan di asal dan tujuan.
Hal
tersebut merupakan ajaran megenai tindakan, yaitu bahwa dalam melakukan
hubungan seksual haruslah dengan penuh kesadaran dan diusahakan jangan sampai
terseret oleh nafsu birahi belaka. Maksudnya, selama berhubungan seks haruslah
tetap diingat bahwa tujuan utama adalah untuk mengahsilkan seorang manusia baru
yang baik. Dengan demikian, manusia yang berasal dari proses yang baik maka
akan kembali kepada Sang Pencipta dengan keadaan yang baik pula.
Ingkang rumiyin nyariosaken tembung upami, wonten sujanma priya kaliyan
wanodya, badhe dumugekaken karsa ngulang salulut sami lumebet ing jenem rum,
tegesipun dunungin pasareyan, ing riku sandyana amung sakaliyan tur dumunung
wonten papaning sepen, liripun boten katingalan dening tiyang kathah, ewa
semanten menggah pepantenganing panggalih…. (pupuh 25)
Yang
pertama, menceritakan kalimat seandainya ada manusia laki-laki dan perempuan
berkeinginan bercinta, masuk kedalam ranjang artinya berada ditempat
tidur walaupun di situ hanya berdua dan juga berada ditempat yang sepi yang
intinya tidak kelihatan orang banyak, walaupun begitu keseriusan perasaan
janganlah sampai lupa…….
Ini adalah
ajaran mengenai bagaimana cara yang benar ketika laki-laki dan perempuan yang
akan mulai melaksanakan kegiatan berhubungan seksual, yaitu harus dilakukan
pada tempat yang semestinya.
Sing sapa manungsa gelem ngalkoni tumindak marang panggawe nistha sayekti
bakal nemu papa. (pupuh 25)
Barang siapa
manusia yang menjalankan tindak nista pastilah akan menemuai kehinaan.
Menjalankan
tindak nista maksudnya adalah berhubungan seksual tanpa persiapan yang benar
dan hanya berdasarkan atas nafsu birahi belaka, maka nantinya juga akan
berakibat buruk.
….dados manungsa ingkang binasakaken kapir wau supami karsa apulang
asmara, mangkana lajeng saged dados wijining manungsa sanajan wiwit duk maksih
jabang bayi tan pedot pinidih ing pamulangan tur dhateng tindaking kautaman,
ing tembe bilih sampun dewasa bok manawi inggih lajeng wiga katragal dados
dugal awit enget manawi pandemeling setan blaka. (pupuh 25)
Jadi yang
disebut manusia kafir tadi seandainya bersenggama, maka bisa jadi benih manusia
walaupun ketika masih bayi terus mendapat ajaran ketidak utamaan dan kebaikan,
yang nantinya ketika dewasa mungkin akan menjadi jahat dan nakal karena memang
terbuat dari penyatuan setan.
Dalam
ajaran hubungan seksual, niat awalnya haruslah merupakan niat yang baik.
Manusia yang akan melaksanakannya juga haruslah dengan hati dan pikiran yang
suci, tidak dengan pikiran yang kotor. Berhubungan seksual dalam keadaan yang
kotor. Berhubungan seksual dalam keadaan yang kotor baik fisik maupun batinnya
akan menghasilkan sesuatu yang jelek dan kotor pula, karena terbuat dari hasil
penyatuan dua hal yang sama-sama kotor (setan).
….liripun mekaten menggah ing saresmi wau boten kangge pakareman utawi
boten kangge memainan, tegesipun boten kangge dedolanan utawi geguyonan….
(pupuh 26)
Maksudnya
dalam hubungan tadi tidak bisa untuk main-main atau bercanda.
Hubungan
yang dimaksud disini adalah hubungan seksual. Jadi, kagiatan hubungan seksual
harus dilakukan denga serius dan tidak boleh main-main.
Wonden bilih pinuju badhe salulut anggenipun anaji-aji lan angedi-edi ing
patrap kapratelaken kados ing ngandap punika : ingkang rumiyin, duk wiwit
kagungan karsa badhe apulang asmara lan wanita sakaliyan sami sesucia, inggih
punika siram tuwin jamas lajeng ngasta siwur anyiduka toya kaankat celak ing
wadana mawi dipundonganana, ananging donganipun kados pundi duk ing jaman kina
punika kula boten terang, yen ing jaman samangke inggih katimbang kendel
kemawon lowung kaangge minangka gegondhelaning niyat, prayoginipun mawi angucap
mkaten : “niyatingsun adus, padusan banyuning tlaga kalkaosar, anuceni
sakaliring eroh, kang dumunung ana ing jasad kita, mlebu manik metu inten,
cahyake amancur mancorong kadi cahyaning Pangeran Kang Maha Kuwasa”. Ing riku
toya siwur wau lajeng kasiramaken ing wadana, lajeng siram ngantos dumugi
sucining saliranipun sadaya. Menggah pratingkah siram ingkang mekaten wau jalu
lan wanita ing patrap sami kemawon boten aprabeda. (pupuh 26).
Sedangkan
ketika ingin memuja-muja dan mengindahkan tingkah laku, akan dijelaskan seperti
di bawah ini : Pertama, mulai dari punya keinginan senggama dengan wanita,
semua harus suci. Harus mandi keramas, lantas mengambil gayung berisi air dan
diangkat di dekat muka dengan berdoa. Tetapi bagaimana doa ketika jaman dahulu
itu saya kurang jelas, namun jika jaman sekarang ya daripada diam saja lebih
baik dijadikan niat, dan sebaiknya mengucapkan demikian; “Niatku mandi, tempat
mandi telaga kalkaosar, mensucikan segala darah, yang berada dalam tubuh kita,
masuk manik keluar intan, cahayaku bersinar seperti sinar cahaya Tuhan Yang
Maha Kuasa”. Air yang berada di dalam gayung tersebut lantas disiramkan ke
wajah dan dilanjutkan mandi sampai semua badan menjadi suci baik untuk
laki-laki maupun perempuan.
Berikut
adalah ajaran mengenai konsep seks dari segi cara memulai sebuah hubungan
seksual yang benar. Proses penyatuan antara dua manusia baru adalah sesuatu
yang sakral dan sangat penting untuk disiapkan dengan sebaik-baiknya. Hal
pertama yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan diri dengan cara mandi.
Mandi dalam konteks ini bukan hanya demi kenyamanan fisik belaka, tetapi dengan
cara-cara tertentu dengan maksud untuk membersihkan jiwa dan batinya juga.
Mandi harus disertai dengan niat yang baik serta doa, dengan tujuan untuk
membersihkan segala kotoran (jasmani dan rohani) serta meniatkan sesuatu yang
baik dalam hati. Dengan demikian diharapkan dalam melakukan hubungan seksual,
keduanya (laki-laki dan perempuan) berada dalam keadaan bersih dan suci
sehingga benih yang muncul nanti adlah merupakan buah dari perbuatan yang telah
disucikan.
Ing sasampunipun rampung sesuciya siram jamas lajeng sami angadi-adi
warna, kinarya sarana pangundhaning asmara, liripun menggahing pratingkah sami
busana ingkang sarwa pantes, sarta angeganda wida, sasmpunipun samekta ing
sakaliyan lajeng reruntunan sami malebet ing papreman, tegesipun malebet
dhateng ing panglereman utawi dununging pakendelan, inggih punika pasareyan,
ing riku priya lajeng angrakit pamasaning aji kamajaya dumunung amung winaos
wonten salabeting batos kajarwakaken kados ing ngandhap punika : ….. Pupuh 26)
Setelah
selesai bersuci mandi keramas (jamas) lantas berpakaian yang rapi untuk
mengundang nafsu yang intinya tingkah laku dengan berpakaian yang pantas dan
memakai wangi-wangian. Setelah semuanya selesai, lantas bersama-sama masuk ke
tempat untuk tidur, maksudnya masuk ke ranjang, atau tempat istirahat yaitu
ketempat tidur. Di situ, laki-laki memsang aji kamajaya yang diucapkan dalam
hati.
Setelah
membersihkan diri, maka ajaran selanjutnya adalah mengenai cara dan bagaimana
tindakan mengenai cara dan bagaimana tindakan yang tepat untuk memulai kegiatan
sakral tersebut. Pertama, untuk membangkitkan hasrat maka masing-masing
harus mrias diri dengan berdandan dan memakai wewangian. Setelah itu, harus
pula diperhatikan tempat melakukan kegiatan tersebut dan tidak diperbolehkan
dilakukan di sembarang tempat.
Wondening sang wanita ingkang rumiyin ugi muntu pangesthi sedya dumunung
ing Betalmukadas, tegesipun niyat anjumenengaken kahanan salebeting puraya
pasucian, dumunung ing baga. Ingkang kaping kalih, lajeng amusthi nesthi
pambukaning aji asmara nala, tegesipun senseming manah, inggih punika
wahananing birahi, tegesipun wiji, dumunung ing purana. Ingkang kaping tiga,
kaping sekawan, kaping gangsal, kaping nenem, dumugi pitu, mboten aprabeda
kados pamusthining kakung wau. Ing sasampunipun samekta pangruktining
sakaliyan, lajeng sami kakaron sih, andumugekaken karsa, dene patrap lan
pratingkah tumanduking pulang asmara, saestunipun bab makaten punika kadamel
pipingitan, sinten ingkang saged uninga amung kinten-kinten yen anithik
lelabuhanipun, wiwit duk murwani wau dumugining ngendhon kados inggih sae,
liripun bok manawi inggih kados caraning manungsa, sarta boten angicalaken ing
tata krami, kados-kados bok manawi inggih punika ingkang kasebut anggendam
langening pramana, ambuka kahananing atma, ingkang badhe pinurwaning wicaksana.
Ing sasampunipun salulut, sakaliyan medal saking papreman, lajeng samya asiram
jamas malih, menggah solah lan pratingkah boten prabeda kadi patraping siram
duk ngajeng wau, amung donga sarananipun kantun angurapa makaten “suku asta
winengku ing solah bawa, solah bawa winengku ing driya, driya winengku ing
Hyang Praman, andadekakna adus ing suci santosaning roh kang ana ing badan
kita”. (pupuh 26)
Sedangkan sang perempuan,
pertama juga berniat bersedia berada di Betalmukadas, artinya menahan
mendiamkan keadaan di dalam kerajaan kesusian, berada di baga. Yang kedua
lantas berniat membuka aji asmara nala, artinya pesona hati, itulah wahana
birahi, artinya nafsu senggama, tumbuh menjadi purba, artinya benih berada di
purana. Yang ketiga, keempat, kelima, keenam, dan seterusnya hingga ketujuh
tidak berbeda dengan laki-laki. Setelah selesai menjalani semua lantas keduanya
bermain cinta, mendatangkan karsa, sedangkan segala tingkah polah dalam
bersenggama, sebenarnya bab ini merupakan rahasia.Dilanjutkan ke : Bag 3. AJARAN SEKS DALAM KAWERUH JENDRA HAYUNINGRAT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar